Pemkot Palopo dan BPJS Kesehatan Perkuat Kerja Sama Faskes Demi Layanan Kesehatan Merata

Pemkot Palopo dan BPJS Kesehatan Gelar Forum Kemitraan Tingkatkan Layanan Faskes

PALOPO Pemerintah Kota Palopo bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Palopo menggelar Forum Kemitraan Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Kerja Sama dengan Pemangku Kepentingan, yang berlangsung di Ruang Rapat BPJS Kesehatan Palopo, Kamis (19/6/2025).

Forum ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Firmanza DP dan dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Ilham Hamid, Wakil Ketua II DPRD Kota Palopo Alfri Jamil, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palopo Dahniar Hasyim Dahlan, para pimpinan perangkat daerah terkait, serta direktur rumah sakit se-Kota Palopo.

Dalam forum tersebut, dibahas berbagai isu strategis terkait kerja sama fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Palopo, termasuk penguatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM, serta upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Palopo menyampaikan bahwa forum tersebut merupakan bentuk konkret dari pelaksanaan amanat undang-undang, khususnya dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat.

“Saya kira selama ini pelaksanaan program kesehatan sudah berjalan cukup baik. Salah satu indikatornya adalah meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Saat ini, usia harapan hidup masyarakat Kota Palopo mencapai sekitar 74,4 tahun, termasuk tinggi di tingkat nasional,” kata Firmanza.

Ia menekankan bahwa layanan kesehatan harus dapat diakses secara gratis dan merata oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Melalui forum ini, kita berharap pelayanan kesehatan di Kota Palopo bisa semakin ditingkatkan. Kami tidak ingin ada warga yang tidak terlindungi secara kesehatan. Ini adalah amanat konstitusi yang wajib kita laksanakan,” tegasnya.

Pj Wali Kota juga menambahkan pentingnya sinergi dan koordinasi antara seluruh pihak agar implementasi kebijakan kesehatan dapat berjalan efektif di lapangan.

“Harapannya ke depan, tidak ada lagi keluhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan di Kota Palopo. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memastikan setiap warga mendapatkan pelayanan yang layak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan memaparkan kondisi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS, serta mengingatkan kembali komitmen faskes untuk memberikan pelayanan prima.

Ia menegaskan bahwa keluhan dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seharusnya tidak lagi menjadi persoalan yang berulang, selama semua pihak berkomitmen untuk memperbaiki kualitas layanan.

Polres Palopo
Pasangiklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *